Rabu, 18 Oktober 2017

ANALISIS SWOT


       PENGERTIAN ANALISIS SWOT
      Pengertian analisis SWOT adalah salah satu bentuk analisis dalam manajemen dengan menggunakan prinsip SWOT (Strength, Weaknesses, Opportunities, and Threats). Analisis SWOT digunakan untuk melihat kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang akan dihadapi oleh perusahaan. Dengan melihat kekuatan yang dimiliki serta mengembangkan kekuatan tersebut dapat dipastikan bahwa perusahaan akan lebih maju dibanding pesaing yang ada. Demikian juga dengan kelemahan yang dimiliki harus diperbaiki agar perusahaan bisa tetap eksis. Peluang yang ada harus dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh perusahaan agar volume penjualan dapat meningkat. Dan ancaman yang akan dihadapi oleh perusahaan haruslah dihadapi dengan mengembangkan strategi pemasaran yang baik.

PRINSIP ANALISIS SWOT
Analisis swot adalah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi Strengths, Weaknesses, Opportunities, dan Thereats dalam suatu proyek atau spekulasi bisnis.

  1. Strenght : artinya kekuatan. Pada poin ini kita harus memperhitungkan kekuatan dalam memulai usaha. Kekuatan yang paling mendasar adalah motivasi, modal, dan perencannan yang matang. Kekuatan lain yang bisa dibanggakan harus ada. Seperti service atau pelayanan, atau produk yang diproduksi lebih baik dari pada yang lain, atau kemudahan jangkauan tempat kita membuka usaha. Nah faktor tersebut merupakan daya kekuatan atau daya keunggulan kita dibandingkan yang lain.
  2. Weaknesses: artinya kelemahan. Pada poin ini, kita harus memperhitungkan kelemahan usaha, produk, atau sumber produksi kita. Maksud kelemahan disini adalah kelemahan yang bisa menjadi kekuatan. Jika tau kelemahannya, maka otomatis kita akan tau bagaimana cara menutupi kelemahannya, untuk kemudian diperbaiki. 
  3. Opportunitiesartinya peluang atau kesempatan. Memanfaatkan peluang yang ada, lebih baik dari pada menunggu menjadi mapan. Karena peluang adalah kesempatan untuk bertanggung jawab penuh dalam setiap apapun yang dilakukan. Dalam memulai usaha, peluang harus diperhitungkan secara matang. Jika kita tau kekuatan finansial, kelemahan, maka beralihlah kepada peluang. Peluang berada dicelah mana, atau dalam hal apa. Misalnya, anda akan memproduksi segala macam jenis ikan, namun peluang besarnya untuk mendapatkan keuntungan adalah ikan patin, maka ikan patin ini lah yang harus anda perkuat produksinya. Tentunya sebelum mengetahui peluang dalam memproduksi ikan patin, kita harus tau kekuatan dan kelemahannya dibandingkan dengan jenis ikan lainnya. 
  4. Threats: artinya adalah ancaman, ancaman disini maksudnya adalah hal-hal yang berkaitan dengan masalah luar dan dalam. Masalah luar adalah pesaing, lingkungan tempat berbisnis, atau barangkali tagihan yang semakin membengkak. Sementara ancaman dari dalam adalah diri sendiri, pekerja atau keluarga. Dengan catatan, ancaman disini bukanlah mengancam hidup, akan tetapi ancaman yang menggerogoti kelancaran usaha. Dengan demikian jika ingin sukses, kelemahan dan ancaman merupakan 2 hal yang harus diantisipasi, namun bukan berarti harus menjadi oran pelit dan serba hitungan. Bukan begitu maksudnya. Ancaman dan kelemahan seharusnya menjadi pemiju untuk menjadi lebih baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ANALISIS SWOT

        PENGERTIAN ANALISIS SWOT        Pengertian analisis SWOT adalah salah satu bentuk analisis dalam manajemen dengan menggunaka...